Friday, December 25, 2009

Mukadimah Shalat 2

Mukadimah Shalat 2

1. Masalah yang sama dalam mengusap kepala dan kaki
2. Penerangan syarat-syarat wudhu

Masalah
yang sama dalam mengusap kepala dan kaki

Perhatikan masalah-masalah di bawah dalam mengusap kepala dan kaki:

1) Ketika mengusap hendaklah tangan menyapu kepala dan kaki, jika tidak wudhunya batal. Namun tidak ada masalah jikalau tangan di atas kepala dan kaki itu hanya bergerak sedikit untuk menyapu.

2) Jikalau ketika mengusap, tidak ada sisa lembapan wudhu di tapak tangan, hendaklah ia mengambil lembapan di anggota wudhu yang lain. Tidak boleh tangan dilembabkan dengan kelembapan yang ada pada bukan anggota wudhu.

3) Lembapan di tangan itu hendaklah meninggalkan kelembapan di kepala dan kaki ketika mengusap.

4) Tempat usapan hendaklah kering, namun tiada masalah jikalau lembapannya itu sedikit dan tidak mencegah lembapan yang ada pada tangan untuk mengusap.

5) Antara tangan dan tempat usapan, tidak boleh ada halangan seperti topi, cadur dan kasut walaupun halangan itu nipis dan air bisa sampai ke kulit. Namun tiada masalah jikalau berada dalam keadaan terpaksa atau hal yang tidak dapat dielakkan.


6) Tempat usapan hendaklah bersih. Terus jikalau ada najis dan tidak dapat dicuci dengan air hendaklah ia bertayammum


1. Syarat air wudhu

Air wudhu hendaklah suci, mutlak dan mubah (bukan dirampas), dengan ini tidak sah wudhu dengan air najis, mudhaf dan air rampasan walau pun tidak diketahui kuantiti najis dan mudhafnya. Namun wudhunya sah jikalau terlupa bahawa ia mengambil wudhu dengan air rampasan
.

Tidak sah mengambil wudhu dengan air berikut:

1) Air yang tidak mendapat izin tuannya.
2) Air yang tidak diketahui tuannya mengizinkan atau tidak.
3) Air yang telah diwakaf untuk orang-orang tertentu
4) Sebagai Ihtiyat wajib, berwudhu dengan air paya atau permatang yang tidak diizinkan adalah pemiliknya adalah batal. Namun dibolehkan berwudhu jikalau tidak diketahui samada pemiliknya mengizinkan atau tidak.

2. Syarat wadah air wudhu

1) Wadah air wudhu hendaklah yang Mubah. Oleh itu wudhu menjadi batal jikalau wadah air rampasan.

2) Bukanlah dari jenis emas atau perak

3. Syarat-syarat anggota wudhu

1) Anggota wudhu hendaklah suci

2) Tidak ada sesuatu yang menghalangi air sampai ke anggota wudhu. Tidak ada penghalang pada anggota yang diusap walaupun sesuatu yang nipis.

4. Syarat cara-cara berwudhu

Hendaklah Tertib dan Muwalat wudhu diperhatikan.

Perhatikan setiap satu daripada dua istilah ini:

- Tertib dalam wudhu: Cucian atau usapan anggota hendaklah dilaksanakan menurut tertib berikut: 1. Mencuci muka 2. Mencuci tangan kanan 3. Mencuci tangan kiri 4. Mengusap di depan kepala 5. mengusap di kaki kanan 6. mengusap di kaki kiri.

Wudhu menjadi batal jikalau tertib ini tidak dihiraukan.

- Muwalat ialah tidak berhenti sebentar ketika sedang mengambil wudhu.

5. Syarat-syarat orang yang mengambil wudhu

1) Sesiapa yang mampu mengambil wudhu sendiri tidak boleh meminta bantuan orang lain mengambil wudhu untuknya. Wudhu menjadi batal jikalau orang lain mencuci muka dan tangannya atau mengusap kepala dan kaki untuknya.

Namun jikalau ada bahagian perlaksanaan wudhu yang tidak mampu dilakukan sendiri, ia hendaklah meminta bantuan orang lain, akan tetapi dia hendaklah berniat wudhu.

2) Barangsiapa yang mengetahui wudhu membahayakannya; iaitu ia tahu wudhu bisa menyebabkan ia sakit atau ia takut jatuh sakit, hendaklah ia bertayammum.

Namun jika seseorang yang tidak tahu bahawa wudhu membahayakannya atau tidak, maka wudhunya menjadi sah.

Penting

1) Tiada masalah berwudhu jikalau coretan pena atau 'ballpen' yang tidak berlapisan, atau titik-titik berminyak yang tidak mencegah sampainya air ke kulit. Namun jikalau titik-titik berwarna bekas coretan pena mempunyai lapisan atau minyak yang mungkin menyebabkan penyerapan air tidak sampai ke kulit, hendaklah coretan itu disingkirkan.
2) Jikalau ada jangka waktu berhenti sebentar dalam melaksanakan wudhu, ke
tika hendak mencuci atau mengusap lagi, lembapan pada anggota yang sudah dicuci masih belum kering, wudhunya sah.

Mukadimah Shalat 1

Mukadimah Shalat

1. Mengetahui tata cara wudhu
2. Mempelajari hukum-hukum yang berkaitan dengan setiap amalan wudhu

Wudhu

Setiap insan hendaklah membersihkan lahiriah dirinya sebelum shalat (dan beberapa amalan lain), dengan berwudhu, yaitu membersihkan tubuh dari najis dan adakalanya seseorang itu harus mandi atau Tayammum.

Niat dalam Wudhu

Dalam amalan-amalan ibadah tidak perlu berniat dengan ungkapan atau meletakkan di dalam hati, namun hanya sekadar seseorang itu faham dan tahu pelaksanaannya. Jika seseorang itu ditanya apa yang dilakukannya, cukuplah ia mampu menjawab misalannya saya sedang mengambil wudhu. Tidak ada masalah berniat dengan bahasa apa pun.

Niat sama seperti ibadah yang lain hendaklah dengan niat 'qurbatan' yaitu seseorang berniat mengambil wudhu semata-mata mentaati perintah Allah, niat selain dari ini membatalkan wudhu.

Amalan wudhu


Wudhu:

1. Mencuci

Muka:
Dengan kadar: Dimulai dari tempat tumbuhnya rambut di kepala sampai akhir dagu. Dengan lebar sebanyak selang antara ibu jari dan jari tengah.

Tangan kanan dan tangan kiri:
Bermula dari jari sehingga hujung jari-jari.

2. Mengusap

Kepala: Bahagian depan iaitu di atas dahi
Kaki: Dari hujung jari sehingga bahagian bonjol di atas kaki

Cucian

Ketika mencuci muka, hendaklah bermula dari tumbuhnya rambut sehingga penghujung dagu dan kedua tangan itu bermula dari siku sehingga hujung jari-jemari. Namun untuk meyakinkan hendaklah sedikit sekitarnya dicuci juga (iaitu dicuci juga sedikit keliling bahagian muka dan sedikit di atas siku).

- Apakah mencuci wajah dan tangan hendaklah dari atas ke bawah?

Dengan ihtiyat wajib hendaklah wajah dicuci dari atas ke bawah. jikalau dicuci dari bawah ke atas wudhunya batal.

- Apakah kewajiban seseorang yang wajahnya atau tangannya tidak normal, atau pun dahinya tumbuh sedikit rambut?

Hendaklah ia mencuci sepertimana orang biasa berwudhu.

- Apakah perlu disampaikan air pada kulit muka yang ditumbuhi rambut?

Jikalau kulit muka boleh ditemui antara rambut itu, hendaklah dikenakan air padanya. Sehinggakan jika ia syak bahawa kulitnya boleh ditemui atau tidak di antara rambut, dengan ihtiyat wajib hendaklah air dikenakan pada rambut di kulit mukanya.

- Berapa kalikah anggota wudhu perlu dicuci?

Satu kali sahaja sudah memadai dan dibenarkan cucian kali kedua. Namun cucian melebihi dari 2 kali adalah haram.


Beberapa Masalah

1.
Tidak wajib mencuci dalam hidung dan mulut, sekitar bibir dan mata saat ia dikatup (bahagian dalam mata dan mulut yang tidak dapat dilihat ketika ia ditutup). Namun untuk keyakinan, wajiblah mencuci sedikit bahagian itu.

2.
Anduh atau kulit yang ditampal untuk memulihkan kecederaan namun tidak menghalang wudhu, cukuplah dicuci luarannya. Jika luka yang dibubuh ubat atau perlu memakai sesuatu, hendaklah ubat atau sesuatu itu disingkirkan. Jikalau tidak boleh disingkirkan, hendaklah ia mengambil wudhu Jabirah (akan dibincangkan nanti).

3, Mencuci 3 kali anggota wudhu adalah Bid'ah dan Haram. Kadangkala membatalkan wudhu, iaitu dalam keadaan mengusap dengan air cucian ke-3 itu, kerana ianya bukan lagi air wudhu.

Mengusap/sapu

1. Mengusap kepala.

Tentang mengusap kepala (bahagian depannya) fahamilah perkara penting ini:

-
Bahagian wajib diusap: Bahagian usapan yang wajib: Sekadar usapan yang diberitahu oleh seseorang yang melihatnya.
-
Bahagian mustahab diusap: usapan selebar 3 jari yang dirapatkan serta panjangnya satu jari
-
dalam mengusap kepala tidaklah wajib mengusap atas kulit kepala, atau pangkal rambut, adapun di atas bahagian depan juga sah. Namun jikalau rambut itu panjang sehingga jatuh berjuntai ke muka apabila disisir, hendaklah ia mengusap kulit kepala atau pangkal rambut.
- Jikalau rambut yang tumbuh dari tempat lain berkumpul di tempat usapan, mengusapnya tidak sah. Usapannya hendaklah di atas kulit atau rambut di depan kepala.

2. Mengusap kaki.

Mengusap atas kaki hendaklah dengan lembapan yang dihasilkan dari cucian tangan kiri bermula dari hujung jari hingga bonjolan di atas kaki. Cukuplah lebarnya walaupun dengan satu jari sekalipun.

- Ukuran mustahab dalam mengusap kaki ialah dengan keseluruhan atas kaki diusap dengan tangan.

Penting:

Usapan hendaklah didahului dengan kaki kanan dahulu, kemudian barulah kaki kiri, namun tidak semestinya kaki kanan diusap dengan kaki kanan dan kaki kiri diusap dengan kaki kiri.

Tambahan:

Perhatikan 2 masalah dari kitab istiftaat Ayatullah Khamenei:

1.
Mengusap kepala dan kaki hendaklah dengan lembapan yang tersisa di tangan dan sebagai Ihtiyat hendaklah kepala diusap dengan tangan kanan, namun menyapunya tidak semestinya dari atas ke bawah.

2.
Jikalau tidak dapat menyingkirkan ramput palsu, dibolehkan mengusap di atasnya.


3.
Ayatullah Khamenei dalam tajuk mengusap kaki berkata: Seseorang itu hendaklah mengusap dari hujung jarinya hingga sendi kaki.

Sumber:
درسنامه احکام ج 2

Thursday, December 24, 2009

NABI ISA ALMASIH AS

Adalah hari yang penuh keberkahan dan kemuliaan manakala Tuhan menitipkan Isa di pangkuan Sayidah Maryam. Isa dididik dalam kasih sayang untuk kemudian akan menjadi pembawa kabar gembira dan pembela perdamaian. Nabi-Nabi utusan Tuhan senantiasa bersabar di jalan-Nya untuk membimbing manusia serta menegakkan keadilan dan kebenaran. Kafilah para Nabi Ilahi seperti Nabi Musa, Nabi Isa, dan Nabi Muhammad selalu menemui berbagai rintangan yang tak terkira di jalan ini.para Nabi Ilahi seperti Nabi Musa, Nabi Isa, dan Nabi Muhammad selalu menemui berbagai rintangan yang tak terkira di jalan ini.

Di setiap zaman, sesuai kondisi sosial yang berbeda-beda, Tuhan telah memilih utusan-Nya untuk menjadi penyeru manusia kepada kebenaran. Isa adalah Nabi yang sudah lahir sejak 2.000 tahun lalu untuk menyelamatkan masyarakat Bani Israil di bawah bimbingan dan ajarannya.

“Salam dan selamat baginya yang lahir dari haribaan Sayidah Maryam. Salam atas hari wafat dan hari kebangkitannya.”

Hari Natal sudah tiba. Masyarakat pencinta Isa a.s. sudah lama mempersiapkan hari yang penuh kebahagiaan ini. Pohon cemara hijau dengan lampu berwarna-warni dan bintang-bintang indah mulai menghiasi rumah-rumah para pengikut Nabi mulia ini. Namun, suasana kezhaliman dan penderitaan ummat manusia membuat suasana Natal ini tidak begitu menggembirakan. Kejahatan telah merusak kehormatan dan harga diri manusia. Dalam situasi seperti itu sekarang ini, manusia sangat merindukan kedatangan juru selamat.

Hari kelahiran Nabi Isa adalah hari untuk mengenang hal penting ini. Manusia sekarang harus belajar dari ajaran-ajaran suci para nabi supaya bisa menegakan perdamaian dan keadilan di tengah masyarakat manusia. Pendengar, kami sampaikan selamat atas hari yang penuh keberkahan ini.

Kehidupan Nabi Isa a.s. sejak lahir hingga wafatnya selalu disertai mukjizat. Ketika dalam buaian suci ibunya, ia sudah bisa bersaksi Ia mengatakan demikian.

“Inilah aku hamba Allah. Ia telah memberikan kepadaku kitab suci dan menjadikan aku sebagai nabi (ayat 30 surat Maryam)”.

Suatu hari, Isa a.s. berdiri di tengah kerumunan anak-anak. Seseorang telah membunuh anak kecil kemudian meletakan bocah yang tidak bernyawa itu didekat Isa a.s.. Ketika Familinya menemukan mayat anak kecil yang tidak bernyawa itu didekat Isa, mereka mengadukannya kepada hakim. Ketika Isa tidak bisa membuktikan bahwa ia tidak bersalah, hakim berniat memberikan hukuman kepadanya. Tapi, Isa meminta supaya anak itu dibawa agar bisa mengatakan siapa yang telah membunuhnya.

Walaupun tidak percaya, orang-orang Bani Israil membawa anak itu. Kemudian, Isa berdo’a. Anak kecil itupun hidup kembali dan mengatakan siapa pembunuh yang sebenarnya. Ketika si anak ditanya siapa yang ada di sisinya, ia mengatakan bahwa itu adalah Isa putra Maryam. Anak kecil itu kemudian jatuh dan mati.

Nabi Isa a.s. adalah penolong kaum tertindas dan selalu mengasihi kelompok yang tidak berdaya ini. Isa mengatakan bahwa siapapun yang memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya kezhaliman tapi tidak melakukan apapun, ia digolongkan seperti orang yang zalim juga.Di usia 30 tahun, Isa mengalami perubahan kesempurnaan. Tuhan memberikan wahyu kepadanya. Dengan ini, secara resmi Tuhan telah mengangkatnya sebagai Nabi dan Kitab Injil pun diturunkan kepadanya. Nabi Isa berkeliling ke setiap desa dan kota untuk memberantas para ahli sihir dan guru-guru Yahudi yang menyeleweng, sekaligus memberi nasehat kepada para pengikutnya.

Nabi Muhammad SAWW bersabda,

“Saudaraku Nabi Isa a.s. menjawab pertanyaan Hawariyun yang menanyakan dengan siapa mereka harus bergaul. Nabi Isa berkata, ‘Bergaulah dengan orang yang kalau engkau bertemu dengannya, engkau akan ingat kepada Tuhan, yang perkataannya akan menambah ilmu, dan yang perilakunya akan membuat kalian menyukai akhirat”.

Di mana saja berada, Nabi Isa a.s. selalu membawa keberkahan. Kalau ia berada di sebuah tempat yang kering, di sana akan turun hujan. Kalau ia berada di sebuah tempat yang hasil panennya kurang, tempat itu akan menumbuhkan hasil-hasil yang melimpah. Kadang-kadang, bayi yang lahir dalam keadaan buta, bisa melihat di tangan nabi Isa. Ia juga bisa menyembuhkan penyakit yang susah disembuhkan.

Al-Quran juga menyebut mukjizat Isa berupa turunnya makanan dari langit.

“(Ingatlah) ketika pengikut-pengikut Isa berkata, ‘Hai Isa putra Maryam, maukah Tuhanmu menurunkan hidangan dari langit kepada kami?’ Isa menjawab ‘Bertakwalah kepada Allah jika kamu betul-betul orang yang beriman’.

“Mereka berkata, ‘Kami ingin memakan hidangan itu. Kami ingin hati kami tenteram dan yakin bahwa engkau telah berkata benar kepada kami. Kami ingin menjadi orang-orang yang bersaksi.”

“Isa bin Maryam berdo’a,

“Ya Allah, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit, yang hari turunnya itu akan menjadi hari raya bagi kami, orang-orang yang bersama kami, dan orang-orang yang datang sesudah kami, sehingga itu semua itu menjadi tanda kekuasan-Mu. Sesungguhnya, Engkaulah pemberi rizki yang paling utama.” (Surah Al-Ma’idah ayat 112 –115)

Tuhan kemudian mengabulkan doa Isa dengan cara menurunkan makanan dari langit. Isa sekali lagi menunjukkan mukjizatnya.

Masyarakat Yahudi dan para tokoh yang cinta dunia tidak mau menerima kata-kata Nabi Isa a.s. Mereka malah menyiksanya. Akibat tekanan dan siksaan ini, akhirnya Nabi Isa dan para pengikutnya lari dari satu kota ke kota lain. Di saat yang sama, ia terus melanjutkan perjuangannya membimbing manusia ke jalan yang benar.

Suatu hari, Nabi Isa a.s. berjalan–jalan bersama para pengikutnya. Tiba-tiba, mereka bertemu dengan bangkai anjing yang sudah membusuk. Kelompok Hawariyun mengatakan bahwa bau bangkai itu sangat busuk dan juga mengandung infeksi. Dengan kata-kata bijak, Nabi Isa a.s. memfokuskan perhatian mereka kepada hal-hal yang baik. Ia mengatakan bahwa betapa anjing ini memiliki gigi berwarna putih yang sangat indah.”

Nabi Isa a.s. merupakan Hamba yang saleh dan mulia. Ia selalu tunduk di depan Tuhannya dan sabar dalam mengajak manusia ke jalan tauhid. Ia memberikan kabar gembira tentang datangnya seorang nabi di akhir zaman. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Setan memuji Nabi Isa a.s. untuk sekedar menipu. Kemudian, sambil menyebut-nyebut kehebatan mukjizatnya, ia menyeru Isa sebagai Tuhan. Tapi, dengan mata batinnya, Nabi Isa a.s. bisa melawan tipu daya Setan sekaligus mengingat kebesaran Tuhan.

Tatkala Setan mengatakan kepadanya bahwa ia adalah pemilik sekaligus pengatur segala yang ada di bumi dan di langit, Isa merasa prihatin dengan kata-kata Setan, lalu berkata,

“Ya Tuhanku, maha suci segala firman-Mu meskipun langit dan bumi akan menjadi penuh. Aku akan mensucikan-Mu seluas dan sebesar alam raya ini. “

Di awal tahun baru. ini, kita menyaksikan bahwa mereka yang menjadi pengikut setia Nabi Isa serta memanggilnya sebagai Nabi perdamaian dan keadilan, malah menginjak-injak ajaran-ajarannya. Dengan dalih perdamaian dan kebebasan, mereka malah membunyikan genderang peperangan untuk menistakan bangsa-bangsa lain. Sejujurnya, apakah bisa dikatakan bahwa mereka ini pengikut Ajaran Nabi Isa a.s.?

Di hari natal ini, kami ingin menjabat dengan hangat tangan para pengikut sejati Nabi Isa a.s. Atas dasar berbagai kesamaan yang ada pada agama-agama langit, mereka berpikir untuk membela kelompok tertindas termasuk rakyat Palestina, serta berharap untuk memiliki dunia yang suci dan bersih. Munculnya Imam Mahdi penyelamat manusia alam raya ini serta kebangkitan kembali Isa untuk memberantas dan menegakkan keadilan di dunia adalah keyakinan bersama yang akan memberi rasa optimis kepada masa depan ummat manusia.